Gerakan Penyemprotan Massal Hama Wereng Batang Coklat di Sidaharja

Sabtu 27 April 2024

Puluhan petani di Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat melakukan penyemprotan massal hama wereng yang menyerang tanaman.

Penyemprotan hama wereng secara massal tersebut dihadiri oleh Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis serta petugas dari Balai Pertanian dan Perikanan Kecamatan Pamarican.

Wereng batang coklat  (Nilaparvata lugens)  atau yang disingkat WBC merupakan salah satu hama pada  tanaman  padi  yang  paling  berbahaya  dan merugikan  petani  padi karena dapat mengakibatkan gagal panen. Selain itu,  WBC  juga menjadi vektor bagi  penularan penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa. Siklus hidup WBC relatif pendek yaitu lebih kurang 35 hari dimana seekor WBC betina mampu beranak sampai 300 ekor. Kemampuan terbang WBC yang bersayap selama 30 hari bisa mencapai 200 KM. WBC dapat menyerang tanaman padi pada semua umur, sehingga  pengendaliannya harus tuntas pada generasi I atau selambat-lambatnya pada generasi II.

Sementara itu, kepala BPP Kecamatan Pamarican, Ani Alviah mengatakan, saat ini ratusan hektar tanaman padi di wilayah Kecamatan Pamarican sedang diserang hama wereng. Sehingga perlu adanya gerakan serius dari petani untuk mengatasinya.

“Dari jumlah 2.916 hektar, saat ini sudah sekitar 704 hektar yang telah terkontaminasi serangan hama wereng, sementara untuk di Desa Sidaharja sendiri  saat ini ada sekitar 40 hektaran,” terangnya.

Entis, petani asal Desa Sidaharja mengatakan, saat ini tanam padi petani di Desa Sidaharja tengah diserang hama wereng. Iaa pun mengaku gembira saat adanya bantuan racun pembasmi wereng dari pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini padi kami bisa terselamatkan hingga panen nanti. Ucapan terima kasih kami untuk Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis yang telah memberikan bantuan insektisida untuk petani di sini,” katanya.

Editor : ( Mr. P )

Share Berita